BUMN Didorong Jadi Pionir Mental Health di Lingkungan Kerja

Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), dan In Journey, menyelenggarakan kegiatan 1000 Manusia Bercerita di Kawasan Wisata Candi Borobudur. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan mental di lingkungan kerja perusahaan BUMN.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, menyampaikan bahwa kesehatan mental pegawai merupakan salah satu kunci produktivitas dan keberlanjutan perusahaan. Perusahaan selain BUMN pun juga dapat melakukan hal yang sama karena generasi milenial dan gen z akan menjadi tumpuan sumber daya manusia produktif Indonesia ke depan.

“Indonesia Emas 2045 itu akan didominasi oleh generasi milenial dan gen z. Generasi tersebut yang akan menjadi penerus dalam membangun perekonomian yang berkelanjutan. Dengan kondisi mental yang sehat dan lingkungan kerja nyaman, pasti produktivitas dan kualitas kita akan meningkat” jelas Arya dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (15/1/2024).

Dia menjelaskan menurut data World Population Review Indonesia ditemukan lebih dari 9 juta kasus depresi yang kebanyakan dialami oleh generasi milenial dan gen z. Adapun Kementerian BUMN saat ini menghadapi isu kesehatan mental, di mana sebanyak 68% pegawai BUMN adalah generasi milenial dan Gen Z.

Pada kegiatan 1000 Manusia Bercerita, para peserta influencer dan milenial BUMN berkesempatan mengikuti rangkaian acara. Sesi pertama dimulai dengan meditasi hingga sound healing oleh Praktisi Mindfulness Putra Wiramuda dengan suasana sejuk dan panorama keindahan Candi Borobudur di pagi hari.

Setelah itu dilanjutkan dengan aktivitas talkshow inspiratif oleh narasumber, antara lain Musisi Andien, Penulis Meisya Sallwa, Psikolog Lucia Poppy Novianti. Peserta juga dapat melakukan konseling gratis dengan psikolog profesional di bilik-bilik yang disediakan.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah bercerita dan berkonsultasi bagi para generasi milenial dan gen z yang telah melewati perjalanan pribadi dalam menghadapi tantangan di lingkungan kerja dan dapat memberikan dampak positif dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” pungkas Arya. https://cerahkanla.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*