Kapal Perang Raksasa Amerika Terlihat di Gurun Pasir China

Jakarta, CNBC Indonesia – Kapal induk Amerika Serikat (AS), USS Gerald R. Ford tampak berada di sebuah gurun di China. Bukan aslinya, melainkan hanya replika yang dibuat khusus untuk menguji rudal negara tersebut.

Temuan itu berasal dari Planet Labs. Gambar dari Gurun Taklamakan itu diambil pada 1 Januri 2024.

Sebagai informasi, Gurun Taklamakan terletak di Xinjiang, sebelah barat laut China. Lokasi tersebut dilaporkan merupakan tempat pelatihan untuk serangan rudal.

Ford merupakan kapal raksasa dengan panjang lebih dari 1.000 kaki atau 304 meter. China berhasil membuat tiruan kapal tersebut.

Laman Insider melaporkan dalam gambar terlihat kapal tiruan memiliki empat jalur ketapel. Semuanya ditandai di bagian dek, dikutip Senin (15/1/2024).

Keberadaan kapal tiruan juga pernah dilaporkan sejak tahun lalu. The War Zone menyebutkan model telah dimulai November 2023.

The War Zone melakukan analisa lewat tinjauan citra satelit di masa lalu. Garis besar kapal telah tersedia jauh sebelum bentuknya terlihat.

Sementara itu, China nampaknya juga menciptakan beberapa tiruan atau target lain dari kapal perang AS. Misalnya, Planet Labs pernah berhasil mengambil gambar beberapa target, termasuk perusak Arleigh Burke.

Gambar lain adalah sistem yang bisa bergerak maju mundur. Temuan tersebut dilaporkan pada November 2021 lalu.

China memang terus mengembangkan kekuatan rudal perangnya. Bahkan jumlah yang dimiliki negara tersebut dilaporkan bertambah banyak.

Departemen Pertahanan pernah melaporkan adanya peningkatan signifikan jumlah rudal yang dimiliki China pada Oktober 2023. Menurut laporan, rudal balistik jarak menengah seperti DF-6 naik 200 unit menjadi 500 unit pada 2022.

Jumlah rudal jarak menengah dengan sejumlah senjata dengan kemampuan anti kapal juga dilaporkan mengalami peningkatan. https://tipatkaiganteng.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*