Pantas Siswa Singapura Paling Pintar Matematika, Ini Rahasianya

Jakarta, CNBC Indonesia – Matematika kerap dianggap sebagai mata pelajaran yang paling sulit di sekolah sehingga dibenci banyak siswa. Sebagian anak bahkan rela mengambil kursus atau kelas tambahan di luar sekolah demi bisa menguasai hitungan rumit rumus-rumus pelajaran matematika. 

Namun, momok menakutkan Matematika nampaknya tak berlaku bagi siswa di Singapura. Negara kecil itu menduduki peringkat pertama di bidang matematika, sains, dan membaca dalam Programme for International Student Assessment (PISA) 2022. PISA atau Program Asesmen Siswa Internasional adalah penilaian yang dilakukan setiap tiga tahun sekali oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

Lalu, apa rahasia yang membuat para siswa di Singapura paling jago matematika di dunia?

Metode matematika Singapura

Para ahli percaya bahwa salah satu alasan mengapa siswa Singapura begitu pintar dalam matematika adalah karena kurikulum di sana mengajarkan siswa penguasaan mendalam terhadap mata pelajaran tersebut melalui pembelajaran dasar yang diperhitungkan dengan cermat.

Bahkan, Kementerian Pendidikan Singapura mengembangkan metode khusus untuk pembelajaran matematika di seluruh negeri. Mengutip VeryWell, metode ini pertama kali diperkenalkan sebagai Seri Matematika Dasar pada tahun 1982.

Pada intinya, Metode Matematika Singapura dikembangkan berdasarkan gagasan bahwa belajar memecahkan masalah dan mengembangkan pemikiran matematis adalah faktor kunci keberhasilan dalam matematika. Tanpa pemahasan dasar yang kuat, siswa tidak akan memiliki acuan dalam pembelajaran matematika yang semakin rumit.

Metode Matematika Singapura berbeda dari kurikulum matematika lainnya dalam hal pendekatan. Siswa tidak diajarkan menghafal dan menggali konsep melalui soal, tetapi mereka diajarkan cara berpikir matematis sehingga dapat mengandalkan teori dan membangun konsep.

Metode ini terbukti cukup efektif untuk belajar matematika dan banyak keluarga homeschooling di Amerika telah mengadopsinya.

10 negara yang paling pintar matematika menurut ranking PISA 2022

  1. Singapura: Skor 575
  2. Makau: Skor 552
  3. Taiwan: Skor 547
  4. Hong Kong: Skor 540
  5. Jepang: Skor 536
  6. Korea Selatan: Skor 527
  7. Estonia: Skor 510
  8. Swiss: Skor 508
  9. Kanada: Skor 497
  10. Belanda: Skor 493 https://masurip.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*