Beda Prediksi BMKG dan BRIN Soal Musim Hujan di RI Cuma Sebentar

Jakarta, CNBC Indonesia – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memberikan prediksi akhir musim hujan di Indonesia.

BRIN memprediksi musim hujan kemungkinan akan sampai akhir Januari. Ini disebabkan karena El Nino yang akan berakhir pada Mei 2024 mendatang.

“Musim hujan mestinya Desember, Januari, dan Februari (DJF), sepertinya tidak sampai Februari, hujannya sudah habis karena El Nino itu berawal bulan Mei 2023 dan akan berakhir pada Mei 2024,” ujar Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN Eddy Hermawan, dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (16/1/2024).

Fenomena hujan yang sekarang terjadi di sejumlah wilayah karena Monsun Asia atau angin barat. Angin musim ini bersifat periodik yang membawa air dari wilayah Siberia, Jepang, Hong Kong, hingga Vietnam lalu menciptakan hujan.

Eddy mengatakan Monsun Asia lebih dominan dibandingkan El Nino moderat sekarang. Oleh karena itu hujan masih terjadi di bagian selatan Indonesia.

Sementara itu, BMKG memprediksi musim hujan akan lebih pendek dari biasanya. Pada laporan Analisis Iklim Prakiraan Musim Hujan 2023/2024, durasi hujan diperkirakan terjadi 10 hingga 24 dasarian atau 100 hari-240 hari di sebagian besar wilayah Indonesia.

Hanya 91 zona musim atau ZOM yang diramalkan akan merasakan durasi musim hujan lebih panjang. Sementara itu 44 wilayah yang mengalaminya secara normal.

“Jika dibandingkan terhadap normal durasi musim hujan, Durasi Musim Hujan 2023/2024 di sebagian besar daerah Indonesia diprakirakan lebih pendek terhadap normal yaitu sebanyak 439 ZOM (62,80 persen),” menurut BMKG.

Namun musim hujan terjadi lebih lama. Yakni puncaknya akan terjadi Februari mendatang, ungkap prediksi BMKG.

Khusus untuk El Nino, BMKG menyebutkan puncaknya terjadi November tahun lalu dan berakhir April 2024. Ini juga diramalkan oleh beberapa pusat iklim dunia.

“BMKG dan beberapa Pusat Iklim Dunia memprediksi El-Nino akan terjadi dengan kategori moderat dan dapat terus bertahan setidaknya hingga April 2024,” demikian keterangan BMKG di situsnya. https://elementlagu.com/wp/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*